Monday, January 14, 2013

Upaya Bantul Produksi Benih Ikan


Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengenjot peningkatan produksi benih ikan di daerah tersebut terus dilaksanakan.
 “Kami terus melakukan pembinaan dan mengupayakan bantuan induk agar produksi benih yang dihasilkan kelompok penangkaran benih terus meningkat,” kata Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantul, Imam Subardiasa, Kamis.
Menurutnya, di Kabupaten Bantul kini terdapat sebanyak 62 kelompok usaha pembenihan rakyat dan empat unit Balai Benih Ikan (BBI) yang memrpoduksi benih ikan utama lele, gurami dan nila.
“Tiap tahun kami mengupayakan bantuan dari APBD Bantul, maupun dari pusat dalam bentuk indukan dan juga pembinaan, pengawasan dan pengendalian penyakit ikan melalui penyuluh PNS,” katanya.
Harapannya, dengan peningkatan produksi benih ikan dapat terus memenuhi kebutuhan benih ikan dari kelompok pembesaran maupun kelompok budi daya perikanan di daerah ini.
Ia menyebutkan, target produksi benih ikan per tahun mengalami peningkatan, seperti pada 2011 target benih mencapai sebanyak 146,1 juta ekor, sedangkan pada 2012 naik mencapai 160,7 juta ekor.
“Target produksi benih Bantul, kami estimasikan sebagai kebutuhan benih dalam setahun. Dan kami sangat apresiasi kebutuhan benih pada 2011 dapat terpenuhi, karena bisa terealisasi sebanyak 218,3 juta ekor,” katanya.
Sedangkan, realisasi produksi benih pada 2012 hingga triwulan tiga atau sampai September mencapai sebanyak 132,6 juta ekor.
“Kami optimistis produksi benih ikan tahun ini memenuhi kebutuhan, bahkan bisa lebihi target,” katanya.

Sumber : Antara, Budidaya ikan

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment